Rabu, 13 Februari 2013

Mudika atau OMK ?

Posted by OMK Santo Michael On 11.44 No comments
Mudika atau OMK ?

OMK
Kata OMK Muncul dalam diskusi teman-teman KAJ tahun 2004 untuk menanggapi banyaknya kelompok-kelompok baru kaum muda yang tidak tertampung oleh Mudika. Selanjutnya istilah ini dipakai sebagai istilah umum dalam Pernas OMK 2005. Sebenarnya kata OMK dimaksud untuk menggantikan istilah umum “kaum muda Katolik”

Dengan demikian istilah OMK sebenarnya tidak menunjuk pada “komunitas” tetapi “istilah generik” seperti kata “kaum muda Katolik”. Namun demikian selanjutnya kata OMK dipergunakan salah kaprah sebagai pengganti kata Mudika.

Sebagai istilah, OMK tidak memiliki kerangka konseptual sebagai platform gerakan kaum muda Katolik baru, istilah ini dimunculkan hanya untuk menyegarkan kembali terminologi “kaum muda”, tanpa target dan perencanaan sistematis yang diturunkan dari terminologi baru ini. Demikian pula tidak ada dasar legal formal dari istilah OMK, yang ada adalah konsensus tidak sengaja yang tersebar dan meluas.

Orangmuda Katolik dimaksudkan untuk menggantikan istilah “kaum muda Katolik” bukan Mudika.

Mudika
Istilah Mudika muncul dalam dinamika pendampingan kaum muda Paroki Katedral Bogor 1974 dan kemudian tersebuar luas. Mudika lebih dimaksud pendampingan kaum muda Katolik teritorial. Sementara KMk dimaksud untuk menyebut gerakan kaum muda Katolik di lingkungan kampus (keluarga mahasiswa Katolik). Mudika adalah istilah sementara yang muncul untuk mengisi kekosongan pendampingan kaum muda pasca Pemuda Katolik

1985 disepakati berdirinya Komisi Kepemudaan KWI, sejak saat itu, Mudika dipakai untuk menyebut komunitas Katolik muda teritorial (pemuda) yang berorientasi ke dalam gereja, sementara Pemuda Katolik sebagai ormas dipercaya mengisi peran kesternal kaum muda Katolik.

Jadi OMK atau Mudika ?
Jadi mana yang lebih tepat, OMK atau Mudika ? Keduanya sama-sama tidak ada landasan legal-formalnya, keduanya sama-sama tidak memiliki kerangka konseptual dan organisasional yang jelas.

https://www.facebook.com/groups/orangmudakatolik/doc/178452605525141/

0 komentar:

Posting Komentar

  • Facebook
  • Twitter